MULAI SEPTEMBER 2012 DI EROPA LAMPU PIJAR DIGANTI LAMPU LED

Lampu LED

Lampu LED

Mengingat dampak yang muncul pada lingkungan, di Eropa secara bertahap lampu pijar diganti dengan lampu LED yang lebih ramah terhadap lingkungan. Pengurangan telah dimulai sejak tahun 2009. Mulai dari pengurangan lampu bohlam 100 watt, lalu 60 watt dan 40 watt dan sekarang lampu bohlam 25 watt juga tidak akan ditemukan lagi. Dengan pengurangan lampu bohlam ini, Uni Eropa berharap dapat mengurangi konsumsi energi sebesar satu persen.

Walaupun mendapat banyak kritik dan masih memerlukan perbaikan, menurut organisasi-organisasi lingkungan dan badan perlindungan konsumen bagi lingkungan, peraturan pelarangan lampu pijar dinilai sebagai sesuatu yang positif bagi lingkungan dan konsumen. Karena pelarangan lampu pijar bisa menghemat energi. Dan dengan menghemat energi berarti lebih sedikit energi yang dibutuhkan dari pembangkit listrik batu bara. Dalam proses pembakaran, pembangkit listrik batu bara melepaskan merkuri dalam jumlah yang besar, sehingga dinilai sebagai penghasil emisi beracun terbesar di dunia.

Untuk lampu yang bisa digunakan masyarakat, negara-negara Uni Eropa sepakat untuk mengganti lampu bohlam dengan lampu LED. Dari serangkaian uji coba ketat, sejauh ini lampu LED dinilai sebagai yang terbaik. Lampu ini ramah lingkungan, tahan lama, langsung terang jika dinyalakan dan dibandingkan dengan lampu pijar, LED mampu menghemat energi sampai 90 persen. Walaupun lampu LED saat ini harganya masih mahal, namun daya tahan lampu ini 25 kali lebih lama dari lampu pijar

 

Source : Koran Facebook

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s